Laman

Jumat, 03 Desember 2010

Mengecilkan pori-pori pada wajah

Pori-pori yang membesar pada dasarnya dikarenakan suhu yang panas, dll. Wajah berjerawat merupakan kasus yang wajar pada setiap orang terutama remaja dan anak-anak usia puber, jerawat bisa di timbulkan karena perubahan hormonal pada seseorang ataupun karena orang tersebut malas merawat muka dan membersihkan muka terutama pada orang yang bekerja di lapangan, sering keluar rumah, kena debu dan sengatan matahari. Kalaupun tidak berjerawat wajah menjadi kusam, kotor dan hitam. Kadang kita merasa sangat terganggu dengan adanya jerawat, bekas jerawat, flex hitam ataupun wajah kusam. Berikut ini ada beberapa tips singkat untuk mengatasi jerawat dan mencegah terjadinya wajah kusam flex yang di karenakan oleh jerawat yang membandel.

1. Rajinlah mencuci muka dengan baik (dengan air hangat), yaitu basuh seluruh bagian muka hingga leher dan jidat setidaknya 3 kali seminggu, pijat wajah Anda dengan gerakan memutar.

2. usahakanlah sebisa mungkin wajah jangan terkena asap kendaraan, pakai lah cadar dan tutuplah muka Anda dengan kaca helm pada saat berkendara menggunakan sepeda motor.
3. Gunakan putih telur yang dicampur madu murni untuk masker muka, caranya bersihkan muka lap dengan handuk kering  kemudian oleskan putih telur yang telah dicampur madu pada wajah diamkan sampai kering kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih setelah itu bilas kembali memakai air dingin keringkan dengan handuk kering.
4. Makanan juga merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam hal timbulnya jerawat, misal banyak makan berlemak, yang pedas-pedas (ada merica ato lombok nya) dapat memicu timbulnya jerawat. Makan lemak adalah perlu, cuma jangan terlalu banyak karena, lemak berfungsi sebagai pelumas persendian, pembentukan sel pada paru2x dan otak,kekurangan lemak bisa membahayakan ke2 organ tsb. Batasi makan junk food, coklat, permen dan makanan berminyak, serta per banyak makan sayuran.

5.Seringlah berolah raga secara teratur agar pori pori wajah terbuka(karena keluar keringat) dan dapat mengeluarkan kotoran di dalam kulit wajah sehingga jerawat tidak timbul.

6. Shampoo juja di percaya dapat menyebabkan timbulnya jerawat, shampoo yang mengandung protein, telur dan madu jika terkena muka dan membersihkannya kurang sempurna, bagi sebagian orang dapat memicu terjadinya jerawat.

7. Hati-hati dalam memilih produk kecantikan dan perawatan muka, gunakan make-up, pelembab atau tabir matahari hanya yang tanpa minyak. Biasanya jika tertulis “nonacnegenic” atau “noncomedogenic” di label keterangan, produk tersebut lebih baik.

8. Hidari stress dan pikiran yang berlebihan, karena stress dan banyak pikiran di yakini bisa menimbulkan jerawat, membuat muka kusam dll.

9. Jangan pencet2 jerawat anda jika sedang tumbuh, ini bukan saja membuat jerawat membekas tetapi juga bisa merusak permukaan kulit sehingga wajah Anda menjadi bopeng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar