Laman

Rabu, 02 Februari 2011

Batik


Sering kali kita dengar perbincangan tentang melestarikan budaya tempat kita tinggal, dari ibu-ibu komplek sampai pejabat yang kita tidak kenal, dan yang paling popular adalah masalah batik. Apalagi akhir-akhir ini batik ditetapkan menjadi warisan budaya Indonesia jadi semua orang menjadi bangga apabila menggunakan batik.

Kita belajar sedikit mengenai pengertian batik yang sering kita perbincangkan, Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi

Sepertinya semua masyarakat Indonesia memiliki baju atau kain batik, khususnya  penduduk pulau jawa sepertinya tidak ada orang yang tidak punya baju atau kain batik, tapi tidak sedikit pula yang belum pernah melihat atau mencoba membuat (membatik) sendiri, padahal seni membatik sangat menarik untuk dipelajari karena mempunyai berbagai macam motif yang bisa memicu kreatifitasan kita atau melatih konsentrasi kita terhadapat benda atau suatu objek. Pengalaman pertama ku belajar membatik saat diadakan pameran di salah satu mall yang ada di Yogyakarta. Sebenarnya aq Cuma nemenin ibu mertuaku coba-coba membatik tapi akhirnya ikut serta dalam pewarnaan dan pembentukan motif. Seru dech dari memilih motif yang bagus menggambarnya dikain, melukisnya dengan malam, sampai pewarnaan. Namanya orang baru pertama belajar masih belepotan kemana2x tapi tetap puas dengan hasilnya karena merupakan karya sendiri.

Sebagai warga Negara yang baik aq akan berusaha melestarikan batik sebagai kebuadayan yang patut kita banggakan khususnya di kanca internasional, apalagi kalau kita bisa mendapatkan rejeki dari batik itu sendiri. Dari mulai menjual karya yang kita ciptakan  sampai model-model batik yang lagi digandungi masyarakat sekarang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar